Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Pertama (DIKLATAMA) CBP-KPP PAC IPNU IPPNU Kec. Wedung

0
pembukaan diklatama pac ipnu-ippnu wedung 2019
ANSOR BANSER WEDUNG

Lembaga Corp Barisan Pelajar (CBP) adalah suatu organisasi yang bergerak dalam pengembangan kreatifitas, kemanusiaan, lingkungan hidup, pengabdian masyarakat, bangsa dan negara (Bela Negara). Berdiri tahun 1965 dalam kongres IPNU Ke IV di kota Pekalongan. Corp Barisan Pelajar (CBP) merupakan lembaga yang dibentuk di latar belakangi peristiwa persengketaan Indonesia dan malaysia, Peristiwa politik yang berkaitan persengketaan antara Indonesia dan Malaysia dalam merebutkan wilayah Kalimantan Utara (Serawak).

Latar Belakang Lahirnya KPP Lembaga Korp Pelajar Putri (L-KPP) merupakan lembaga yang dibentuk berdasarkan keputusan Konbes I IPNU-IPPNU pada tanggal 28/10/1964 di kota Pekalongan. Pada awalnya lembaga ini terbentuk dengan nama Corp Brigade Pembangunan-wati (CBP-wati) yang merupakan wadah bagi pemuda dan pelajar Nahdlatul Ulama untuk mengokohkan barisan dalam upaya mengimbangi munculnya berbagai barisan yang berkibar dari panji-panji komunis.

Dalam perjalanannya CBP-wati mengalami stagnasi dan selanjutnya diputuskan dalam amanat Kongres XII IPPNU di kota Makasar dengan perubahan nama menjadi Korp Pelajar Putri (KPP) yang kemudian untuk mengukuhkannya ditetapkan dalam Kongres XIII IPPNU di kota Surabaya.

Pada masa ini CBP-KPP bergerak pada empat bidang yaitu Kepanduan, Kepalangmerahan, SAR dan Cinta Alam, untuk bisa menjadi anggota CBP-KPP harus mengeikuti pedidikan dan pelatihan yang berjenjang yaitu dari Pendidikan dan Latihan Pertama (DIKLATAMA), Pendidikan dan Latihan Madya (DIKLATMAD), serta Pendidikan dan Latihan Nasional (DIKLATNAS).

diklatama pac ipnu-ippnu wedung
Diklatama IPNU-IPPNU Wedung 3-4 Agustus 2019 di Yayasan Pendidikan Raudlatuth Tholibin Desa Bungo Wedung Demak.

Untuk mewujudkan visi misi dan Tujuan CBP-KPP, PAC IPNU-IPPNU Kec. Wedung melaksanakan Pendidikan dan Latihan Pertama (DIKLATAMA) dari tangal 3 – 4 Agustus 2019 dan diikuti oleh 150 kader IPNU-IPPNU dan bertempat di Yayasan Pendidikan Raudlatuth Tholibin Bungo Wedung.

Kegiatan Diklatama yang dimulai hari ini (Red : Sabtu) dengan tema “Menuju generasi IPNU-IPPNU yang mandiri, loyal dan menjadi garda terdepan NU dalam berbangsa dan bernegara” di buka oleh Ketua Syuriah MWC NU kec. Wedung KH.Fatkhul qorib, M.Pd.I.

Sebagai kader NU yang termuda IPNU-IPPNU harus aktif dan semangat untuk mempertahankan NKRI dan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, karena sekarang banyak pelajar dan mahasiswa yang sudah terjangkit virus Radikal yang anti Pancasila, Pesan KH.Fathul qorib didepan para peserta Diklatama.

Baca Juga : Pelantikan IPNU-IPPNU Demak masa khidmad 2019-2021

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Wedung Nurul irfa’an Rafiq mengajak seluruh kader IPNU-IPPNU Wedung untuk bisa saling bekerjasama antar semua lini, agar IPNU-IPPNU Wedung dapat mewujudkan generasi muda Nahdliyyin yang mandiri dalam segala bidang, loyal dan patuh dengan AD/ART organisasi, serta dapat bersama-sama menjaga aqidah ASWAJA, dan turut serta dalam upaya memperjuangkan keutuhan NKRI dari rongrongan sekolompok kecil pemecah belah bangsa.

Nurul Irfa’an juga berharap, pasca Diklatama akan terlahir generasi-generasi yang tangguh dan militan dalam meneruskan perjuangan para Kyai-Kyai NU seperti Mbah KH.Hasyim Asy’ari dan juga Mbah KH.Wahab Chasbullah, pungkasnya. (AW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here