Manfaat makan sahur saat puasa

0
berkah dan manfaat makan sahur saat berpuasa
ANSOR BANSER WEDUNG

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ

عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Di bulan suci Ramadhan ada amalan sunnah yang bisa dijalani yaitu makan sahur. sebagaimana kata Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 7: 206. Namun amalan ini memiliki keutamaan karena dikatakan penuh berkah.

Yang dimaksud berkah yaitu turunnya dan tetapnya kebaikan dari Allah pada sesuatu. Berkah atau barokah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala, bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat. Namun patut diketahui bahwa berkah itu datangnya dari Allah yang hanya diperoleh jika seseorang mentaati-Nya.

Seperti Firman Allah :

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS. Al Ahzab: 71).

Makan sahur merupakan ajaran Islam untuk membedakan dengana ajaran ummat Yahudi dan juga ummat nasrani.

Seperti Sabda Nabi Muhammad SAW :

فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السَّحَرِ

Perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab ( Yahudi dan Nashrani ) adalah makan sahur.” (  HR. Muslim  ).

Dengan makan sahur, keadaan fisik lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Beda halnya dengan orang yang tidak makan sahur.

Barokah dalam makan sahur amat jelas semakin menguatkan dan menambah semangat ( energi ) orang yang berpuasa.” seperti kata imam Nawawi dalam Syarah shahih Muslim. Dan Orang-orang yang makan sahur akan mendapatkan shalawat dari Allah dan do’a dari malaikat-malaikat Allah.

Begitu pentingnya makan sahur buat orang yang akan menjalankan ibadah puasa,dan saat waktu makan sahur Allah turun ke langit dunia dan akan dikabulkannya doa-doa kita dalam qiyamullail lail seperti sabda Nabi dibawah ini :

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” ( HR. Ahmad ).

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” ( HR. Bukhari muslim ).

Saat waktu makan sahur juga merupakan waktu yang utama untuk kita beristighfar. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Ali Imron : 17 :

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur

Berikut di antaranya berkah dan manfaat dari makan sahur :

Dengan melakukan makan Sahur selain menambah energi ( tenaga ) berarti kita menjalankan sunnah dan menghindari makruh dalam beribadah puasa.

Manfaat makan Sahur untuk Kesehatan

Manfaat lainnya dalam kesehatan yaitu pada saat bangun pada sepertiga malam, dimana manfaatnya yaitu:

Dapat mencegah penyakit metabolic sindrom

Makan sahur mampu mencegah dari berbagai gangguan penyakit terkait sindrom metabolic seperti diabetes jantung, dan juga stroke. Sindrom metabolic merupakan kondisi yang berhubungan dengan naiknya kadar gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan juga penumpukan kolesterol ( lemak ).

Dengan rutin dan teratur saat makan sahur dan berbuka puasa membuat sistem metabolisme tubuh kita menjadi lebih sehat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
makan sahur bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan ( imunitas ) dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Tips Makan Sahur yang sehat
Menu makan pada saat sahur sebaiknya memenuhi 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan cairan. Hindarilah makanan yang dapat memicu meningkatnya asam lambung seperti pedas, asam, dan juga kafein .(AW/185)

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here