Lailatul qodr

2
ANSOR BANSER WEDUNG

Ala Ansor Wedung – Lailatul Qodar menjadi pembahasan setiap datang bulan ramadhan. Apa sih sebenarnya lailatul qofar itu? menurut bahasa laila di artikan dengan malam dan qodar bisa di maknai dengan as syarif ( mulia ) atau at ta’dzim ( agung ) dan juga bisa diartikan dengan ketetapan atau qodho’ qodarnya Allah swt. Jadi lailatul qodar bisa di artikan dengan malam yang mulia atau malam yang agung dimana allah swt kembali menetapkan qodho qodar pada manusia tentang rizqi umur kejadian kejadian yang akan di alami dalam setahun yang akan datang. Ini kajian menurut bahasa.

sedangkan Allah SWT menerangkan dalam Alqur’an bahwa Lailatul qodar adalah malam yang baik yang kebaikannya melebihi seribu bulan kami katakan lagi lebih baik dari seribu bulan yang artinya bisa dua ribu, tiga ribu dan tak terhingga , begitu mulianya dan begitu agung mlam laitul qodar sehingga kita sebagai umatnya di suruh mencari dan berlomba lomba untuk mendapatkan malam Lailatul qodr.

Lailatul qodar itu ada dan terjadi hanya di malam bulan ramadhan, siapa orang yang melakukan ibadah di malam itu pahalanya akan di lipatgandakan melebihi seribu bulan dan di hapuskan dosa dosa nya yang telah lalu.B

Begitu dahsyatnya dan mulianya lailatul qodar terus bagaiman cara mendapatkanya?

Cara mendapatkan lailatul qodar menurut hadits yang diceritakan oleh para sahabat adalah terjadi pada 10 ahir malam ganjil di bulan ramadhan, yang tertulis di dalam hadist adalah malam 27 dan malam 29 maka carilah dan beribadah di malam itu dengan berdzikir sholat sholat sunah membaca al quran bersedekah dan ibadah lainya bahkan kalau perlu iktikaf di masjid dari awal malam sampai terbitnya fajar.
Dalam satu hadist lagi di katakan bagaimana cara nabi menyikapi 10 malam ahir di bulan ramadhan yang pertama nabi menghidupkan malam malam di bulan ramadhan dengan hanya beribadah yang kedua nabi muhammad meninggalkan istri istrinya dan kesenengan dunia untuk beriktikaf di masjid, berdzikir beribadah hanya kepada Allah, dan nabi muhammad mengencangkan ikat pingangnya untuk selalu beribadah. Artinya di 10 malam terakhir di bulan ramadhan kita berlomba mendapatkan laitul qodar. Dan pada kesimpulannya semoga kita adalah orang orang yang termasuk mendapatkan lailatul qodar. Amin.( AW/24-5 ).

 

 

Mesbah Elmuneer.

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here