Budaya mudik tahun 2018 ini terasa berbeda kenapa

1
ANSOR BANSER WEDUNG

Ala Ansor Wedung – Mudik lebaran tahun 2018 begitu terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya tidak seperti saat penulis melakukan mudik tahun 2014 yang terjadi kemacetan parah saat jembatan Comal pemalang putus tahun 2016 saat macet total di tol brexit ( Brebes timur exit ), suasana macet parah ( total ) berjam-jam yang biasa terjadi setiap moment mudik tak lagi terjadi.

Pada H-2 lebaran tahun 2018 ini penulis melakukan mudik dari kota Demak Jawa tengah ke kota Pandeglang Banten dengan menggunakan Bus AKAP, Perjalanan yang di mulai dari jam 7 malam sampai di serang ibukota Banten sekitar jam 5.45 pagi atau sekitar 11 jam selama perjalanan. Jika menilik waktu perjalanan selama itu cukup wajar karena hanya terlambat sekitar 2 jam dari perjalanan pada hari-hari biasa, itu pun karena dalam perjalanan berhenti 3 kali untuk makan malam, makan sahur dan sholat subuh tidak seperti perjalanan pada hari-hari biasa yang hanya berhenti sekali untuk makan malam.

Selama perjalanan begitu terasa lancar hanya terjadi kesendatan mulai tugu selamat datang kota Brebes hingga masuk tol brebes kesendatan kurang lebih sekitar 30 menit, setelah itu perjalanan lancar sekali saat melewati tol Cikampek pun juga lancar. Begitupun arah sebaliknya ( arah Jakarta menuju Jawa tengah ), mungkin kelancaran ini di karenakan di terapkannya sistem one way ( satu jalan ) oleh petugas kepolisian. Terlihat juga dalam gambar di atas di pintu TOL terasa sepi tidak tampak antrian mobil.

BACA JUGA : Ayo Mudik Lebaran

Setelah sampai kota Serang ( terminal Pakupatan ) penulis oper ke bus AKAP jurusan ke kota labuhan dan perjalanan pun seperti hari-hari biasa tidak ada kemacetan hanya ada sedikit kesendatan saat melewati pasar-pasar tumpah ( pasar tradisional ) seperti saat melewati di pasar pandeglang. Bus AKAP terus meluncur sesampai di arah Menes sekitar jam 8 pagi penulis pun turun menuju kampung halaman daerah jiput dengan menggunakan sepeda motor untuk bertemu keluarga dalam rangka silaturrahmi lebaran idul Fitri.

Bagaimana dengan pengalaman mudik anda tahun 2018 ini ? Jika ada pengalaman mudik bisa anda kirimkan ke kami untuk bisa kami realese, untuk berbagi pengalaman pada yang lain.( AW/14-6 ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here